6 Tip Agar Bisnis Cepat Berhasil dan Awet

Meraih sukses memang tidak bisa secara instan. Berikut ini enam tip agar bisnis cepat berhasil, terus berkembang dan awet.
6 Tip Agar Bisnis Cepat Berhasil dan Awet
6 Tip Agar Bisnis Cepat Berhasil dan Awet

Inba.tv – Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, setiap pelaku usaha harus melalui kerja keras terlebih dahulu. Menghadapi berbagai tantangan yang kadang tidak mudah sampai ingin menyerah di tengah jalan, sehingga memerlukan strategi yang tepat.

Meraih sukses memang tidak bisa secara instan, butuh waktu untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, pelaku usaha dapat belajar seiring berjalannya waktu, sambil menikmati proses dalam membangun bisnis tersebut. Namun jika bisnisnya ingin cepat berhasil atau naik daun, bisa mengikuti beberapa tip berikut ini

Pelayanan yang Maksimal

Pelayanan merupakan kunci utama dalam membangun kepercayaan pelanggan, sehingga akan menentukan apakah akan membuat nyaman dan betah untuk terus membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Pelayanan yang baik bisa dengan cara tersenyum kepada pelanggan, menyapa dan bersikap ramah, mendengar sekaligus menjawab keluhannya, serta memberi solusi atas masalah yang mereka hadapi. Pelayanan yang maksimal akan membuat pelanggan merasa berharga dan setia untuk membeli produk atau jasa kita.

Terus Bernovasi

Setiap pelaku usaha harus terus mengembangkan bisnisnya, dengan berinovasi sesuai perubahan yang ada. Inovasi itu bisa berupa memodifikasi model bisnis, menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan unggul, sehingga membuat pelanggan semakin tertarik dan berminat membeli.

Hindari FOMO

FOMO (fear of missing out) merupakan perasaan cemas yang timbul karena sesuatu yang menarik dan menyenangkan sedang terjadi, penyebabnya karena unggahan di media sosial.

Hindari melakukan bisnis seperti jasa pengiriman paket atau kurir, dengan tren memberi harga murah dan gratis ongkos kirim. Cara seperti itu disebut juga model bisnis bakar duit. Hal yang harus terpikirkan yaitu dampak jangka panjang, bukan hanya saat ini saja.

Memiliki Ketekunan dan Kesabaran

Dalam berbisnis, ada kalanya mengalami keadaan tidak sesuai harapan dan membuat hilang semangat. Oleh karena itu, butuh ketekunan serta kesabaran dalam menghadapi berbagai situasi.

Ketekunan merupakan unsur penting yang harus ada dalam diri setiap pelaku usaha, agar dapat menjalankan usahanya terus menerus. Sementara dengan kesabaran dan keikhlasan dalam menjalankan bisnis, tidak akan mudah terseret badai resesi.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Marketing mix berarti strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen terpadu, demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. Gabungan elemen tersebut meliputi produk bagus, harga bersaing, distribusi dan promosi baik, serta mampu mengikuti pasar.

Berhubungan Baik dengan Pelanggan

Konsumen yang loyal akan membawa kesuksesan jangka panjang, karena mereka salah satu bagian terpenting dari bisnis. Untuk meningkatkan kualitas bisnis, cobalah membiasakan diri mendengar kesan serta keinginan konsumen. Misalnya, melalui media sosial dalam membangun komunikasi yang lebih intens.

Ratna Poetri
Freelance Writer, Travel Blogger