Menjelang Tahun Baru, Apa Resolusimu?

Ilustrasi Resolusi 2023/Foto: Istimewa

INBA.TV – Tahun 2022 sebentar lagi bakal berlalu.  Trompet penanda pergantian tahun tak lama lagi akan bergema menyambut tahun baru dan harapan-harapan baru. Umumnya, setiap awal tahun orang-orang telah menyiapkan resolusi baru.  Sobat Inbanesia, apa resolusimu menyongsong datangnya tahun 2023 ini?

Resolusi adalah suatu keputusan penting yang Sobat Inbanesia buat tentang apa yang ingin dicapai di masa-masa mendatang. Orang yang memiliki resolusi akan berusaha keras untuk bisa mewujudkan keinginannya.

Menurut Thomas F. Chapman dari Family Cancer Wellness di Piedmont, Dennis Buttimer, lazimnya tahun baru menawarkan  catatan kosong atau kesempatan untuk memperbaiki keadaan yang dirasa kurang maksimal di tahun-tahun sebelumnya. Ketika Sobat Inbanesia menetapkan resolusi tahun baru, menurut Chapman biasanya akan menerapkan konsep self-efficacy, yakni mencapai tujuan berdasarkan cita-cita dan menindaklanjutinya.

Mengapa harus membuat resolusi?

Setidaknya ada tiga alasan penting, mengapa Sobat Inbanesia harus membuat resolusi baru. Pertama, resolusi akan membuat Sobat Inbanesia mencapai tujuan yang diinginkan. Menetapkan resolusi untuk diri sendiri bisa jadi cara yang baik untuk membantu menjernihkan pikiran dan menentukan apa yang penting untuk dilakukan di masa depan.

Kedua, resolusi bisa membuat Sobat Inbanesia selalu ingat akan tujuan hidup. Memang, kita tidak tahu apa yang akan terjadi sedetik ke depan, akhir pekan atau lima tahun ke depan. Namun, rencana atau resolusi  yang kita buat akan memandu kita dalam mengambil keputusan yang tepat.

Ketiga, dengan memiliki resolusi yang jelas,  Sobat Inbanesia akan lebih mendapat dukungan dari lingkaran orang-orang terdekat kita sehingga secara langsung atau tidak langsung mereka akan membantu untuk mewujudkan resolusi kamu.

Bagaimana membuat resolusi?

Nah, untuk memudahkan Sobat Inbanesia dalam menentukan tahun ini, Inba.tv akan berbagi tip untuk memulainya.

Tujuan jelas dan spesifik

Awalilah dengan membuat target dan tujuan yang jelas. Di sini Sobat Inbanesia harus bisa mendeskripsikan target itu dengan spesifik. Misalnya, tahun depan ingin punya mobil. Buatlah tenggat waktu kapan Sobat Inbanesia harus mencapai keinginan itu. Lalu, tentukan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai target itu.

Terukur

Terukur artinya, resolusi yang dibuat bisa dikalkulasi dan memiliki ukuran yang jelas. Misalnya, membeli mobil, ingin membuka bisnis kuliner, dan sebagainya. Resolusi yang tidak terukur misalnya Sobat Inbanesia mengatakan, ingin bahagia, ingin menjadi orang yang berguna.

Realistis

Meski Sobat Inbanesia bebas membuat resolusi, target yang ditentukan harus realistis. Misalnya, untuk mencapai target membeli mobil dengan harga sekian ratus juta dalam tempo satu tahun, maka Sobat Inbanesia harus memiliki penghasilan yang relevan dan bisa mengumpulkan uang sesuai nominal harga mobil sampai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Apakah target itu sesuai dengan profil kemampuan atau penghasilan Sobat Inbanesia atau tidak, harus dipikirkan.

Relevan

Sobat Inbanesia juga harus membaut resolusi yang relevan dengan masa depan tujuan hidup yang dicita-citakan ya. Relevan diartikan sebagai mengait atau dua hal yang berkaitan satu sama lain. Dalam konteks resolusi, jika Sobat Inbanesia tujuan hidupnya adalah menjadi seorang yang ingin naik pangkat atau dipromosikan di perusahaan tempat Sobat Inbanesia bekerja maka relevansinya adalah membuat resolusi untuk menaikkan kapasitas dan kemampuan diri sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Tenggat waktu

Supaya Sobat Inbanesia lebih disiplin, buatlah tenggat waktu yang ketat untuk setiap resulusi yang telah ditentukan. Setelah itu, pantaulah progresnya dengan teliti.

Belajar dari kesalahan

Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu. Jadikan kesalahan masa lalu untuk memperbaiki diri agar mencapai hasil yang lebih baik.

Managing Editor INBA.TV, Traveler, Content Creator